Kamis, 07 November 2013

Upaya Pelestarian Lingkungan di Masyarakat

Diposting oleh Unknown di 19.34
kerusakan lingkungan terjadi karena ulah tangan - tangan nakal manusia yang tidak bertanggung jawab dan juga manusia yang tidak sadar dan peduli terhadap lingkungan yang ada disekitarnya .

penyebab terjadinya kerusakan lingkungan jadalah :
1. banyak orang yang buang sampah sembarangan
2. banyak polusi kendaraan bermotor
3. kurangnya lahan hijau dan banyaknya lahan gundul
4. alih fungsi daerah resapan air menjadi gedung perkantoran
5. kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan .

akibat atau dampak dari kerusakan lingkungan :
1. banjir
2. penyumbatan selokan
3. penumpukan sampah
4. pencemaran lingkungan
5. kurangnya lahan hijau
6. polusi udara yang berlebih

Upaya pelestarian lingkungan yang dapat dilakukan masyarakat :
1.membuang sampah pada tempatnya
2. pengolahan sampah daur ulang dan memanfaatkan barang-barang hail daur ulang
3. menanam dan merawat pohon disekitar lingkungan rumah , sekolah dan lain-lain
4. menghemat penggunaan air , listrik dan BBM
5. adanya himbauan atau sosialisasi dari pemerintah sekitar tentang pentingnya lingkungan bersih dan asri bagi kehidupan .

meskipun demikian , dalam kenyataannya tidak semua orang dapat melakukan hal tersebut . kebanyakan yang terjadi adalah sebaliknya , jadi upaya untuk melestarikan lingkungan hidup sulit diterapkan atau dilaksanakan oleh mayarakat zaman sekarang , karena kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sangat rendah yang dapat dilihat dari cara mereka menjaga kebersian lingkungan rumah , lingkungan sekolah dan lingkungan pasar .  dan ditambah lagi kurangnya perhatian dan himbauan dari pemerintah tentang lingkungan hidup kepada masyarakat membuat kerusakan liingkungan yang terjadi semakin parah dan terbengkalai .

Upaya pelestarian lingkungan hidup itu sendiri bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tapi juga merupakan tanggung jawab masyarakat itu sendiri . yang pertama harus kita lakukan adalah meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat tentang lingkungan hidup itu sendiri , setelah itu baru kita bisa menerapkan cara atau upaya yang harus dilakukan untuk melestarikan lingkungan di kalangan masyarakat , dan semua itu harus dilakukan secara bertahap dan dimulai dari lingkungan rumah kita sendiri , sehingga mencapai lingkungan yang bersih , asri dan nyaman bagi masyarakat .

0 komentar:

Posting Komentar

 

Atut Sulistianingrum Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review